Asuransi Dalam Sejarah

Asuransi adalah suatu pengalihan resiko kerugian yang adil, dari satu entitas ke yang lain, dengan imbalan pembayaran.  Pengalihan resiko ini telah dipraktekkan manusia sejak beberapa ribu tahun yang lalu. Yang pertama tercatat, dilakukan oleh para pedagang dari Cina dan Babylonia sekitar 3000 sampai 2000 tahun SM, itu berarti sekitar 5000 tahun yang lalu.

Para pedagang Cina biasa bepergian dengan membawa banyak benda-benda berharga, mereka melakukan perjalanan melalui daratan dan lautan. Bila mereka ingin mengirim barang dagangannya melalui laut, mereka akan membagi barang-barang yang dikirim ke beberapa kapal laut untuk mengurangi resiko kerugian apabila ada kapal yang tenggelam.

Para pedagang Babylonia membangun suatu sistem pengalihan resiko yang tercatat pada tugu peringatan Babylonia yang terkenal dengan sebutan Kode Hammurabi sekitar 1750 tahun SM. Sistem ini digunakan oleh para pedagang Mediterania yang biasa mengirim barang dagangan melalui laut. Pedagang yang akan mengirimkan barang dagangannya akan dipinjami uang senilai barang yang akan dikirimkan. Bila barang yang dikirimkan sampai di tempat tujuan dengan selamat, maka pedagang itu harus mengembalikan pinjaman dengan sejumlah uang tambahan sebagai imbalan dari jaminan yang diberikan apabila barang kirimannya hilang.  Pedagang tidak perlu mengembalikan uang pinjaman bila barang yang dikirimnya hilang dalam pengiriman.

Monarki Achaemenia (Bangsa Persia kuno) adalah yang pertama mengasuransikan rakyat mereka dan membuatnya resmi dengan mendaftarkan proses pengasuransian di kantor notaris pemerintah.

Orang-orang Yunani dan Roma memperkenalkan asal-usul asuransi kesehatan dan asuransi jiwa pada sekitar tahun 600 SM ketika mereka menciptakan serikat yang disebut “masyarakat baik hati” yang merawat anggota keluarga almarhum, serta membayar biaya pemakaman anggota.

Di Inggris, asuransi pertama kali didirikan pada akhir abad ke-17. Tapi sebelum waktu itu, ada serikat “friendly societies” di Inggris. Setiap anggota menyumbangkan sejumlah uang yang dapat digunakan untuk keadaan darurat. Sedangkan di Amerika Serikat, pada tahun 1752, masyarakat Philadelphia mendirikan Philadelphia Contributionship untuk Asuransi Kerugian akibat kebakaran rumah yang kemudian menjadi perusahaan asuransi kebakaran pertama di Amerika Serikat.

Asuransi di Indonesia dimulai pada jaman penjajahan Belanda, dengan semakin berkembangnya sektor pertanian dan perdagangan, maka perusahaan-perusahaan yang mengelolanya memerlukan asuransi untuk menjamin kelangsungan perusahaan dan melindunginya dari kerugian. Selama Perang Dunia II kegiatan perasuransian di Indonesia praktis terhenti, terutama karena penutupan perusahaan asuransi milik Belanda dan Inggris. Setelah Indonesia merdeka, perusahaan-perusahaan asuransi dari Belanda dan Inggris kembali beroperasi di Indonesia. Sampai dengan tahun 1964, pasar asuransi di tanah air masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan asing, terutama Belanda dan Inggris.

Sekitar 11 tahun kemudian, cikal bakal Avrist dimulai ketika Pak Harry Diah mendirikan PT. Asuransi Jiwa Ikrar Abadi (AJIA) secara resmi pada November 1975. Kantor Pusat AJIA bertempat di salah satu  propertinya di Jalan Saharjo, Jakarta.  AJIA membuka Group Management Division yang menawarkan beragam produk dan layanan asuransi kelompok dan dana pensiun. Pada tahun 1984, AJIA melakukan kerjasama patungan dengan American International Assurance. Co., Ltd. (AIA) dan menjadi perusahaan asuransi jiwa patungan multinasional PERTAMA di Indonesia. Pada tahun 2009, AIA Indonesia berganti nama menjadi PT. Avrist Assurance dan menjadi perusahaan mandiri, dengan dukungan lebih dari satu juta nasabah, jaringan kanal distribusi yang luas dan reputasi sebagai salah satu pemimpin di pasar asuransi Indonesia.

Asuransi Avrist menyediakan berbagai macam asuransi, baik untuk individu mau pun untuk kelompok. Untuk asuransi individu kami menyediakan Avrist Xtra, Avrist Investment Plus, Avrist Travel Guard dan masih banyak lagi. Salah satu dari asuransi grup kami adalah Avrist Group Health Care Silver yang menawarkan paket program asuransi kumpulan yang melindungi karyawan beserta keluarga,  24 jam sehari, 365 hari setahun, di seluruh dunia, dengan premi terjangkau.

Sejak beberapa ribu tahun yang lalu, manusia sudah menyadari akan pentingnya asuransi. Asuransi dapat mengalihkan resiko yang seharusnya kita tanggung ke pihak perusahaan asuransi.  Bila anda ingin mengalihkan resiko yang mungkin anda alami, anda dapat menghubungi bagian admin kami melalui email : admin@perlindunganasuransi.com dengan menuliskan data diri anda seperti nama, usia, pekerjaan, nomor HP, dan jenis asuransi apa yang anda butuhkan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s